Madu Untuk Solusi Sehat - Fitria Puji Lestari

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, October 25, 2019

Madu Untuk Solusi Sehat



Cuaca kemarau yang panas dan berdebu memang tidak nyaman. Berkali-kali saya pun harus menyapukan terlas rumah yang berdebu. Padahal setiap hari rumah saya pel, karena pada dasarnya, saya termasuk tipe orang yang tidak suka lantai kotor, yang membuat tidak nyaman saat telapak kaki menginjaknya. Alhasil, di musim kemarau dengan debu yang selalu terbang bersama tiupan angin yang kencang, membuat saya cape bolak-balik sapu dan ngepel. Resiko memang. Debu yang seperti ini juga, selain mengotori rumah, terkadang bisa menimbulkan penyakit. Terutama untuk anak-anak, yang sistem imun pada tubuhnya belum sempurna. Batuk pilek tentu saja menjadi penyakit langganan, terkadang disertai demam juga. Membuat anak rewel, sulit tidur, sulit makan, berat badan menurun, dan tentu saja menambah kerepotan ibu, dan menguji kesabaran.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya sebelum menunggu sakit lebih baik mencegahnya dengan menguatkan imun tubuh. Pola makan salah satunya. Sebagai ibu, cobalah memasak lebih sering sayuran. Belilah buah-buahan untuk stok makanan di kulkas. Dan satunya lagi, anda juga bisa menyediakan madu. Minuman produksi lebah ini sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu mesti diniatkan pula untuk menjalankan Sunnah. Karena madu adalah minuman favorit nabi, dan dibahas di Al-Qur'an pula.

Perilaku lebah pun dijadikan contoh untuk para manusia yang disabdakan dalam sebuah hadits berikut ini "Demi dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya perumpamaan mukmin itu bagaikan lebah, yang selalu memakan yang bersih dan mengeluarkan sesuatu yang bersih. Hinggap di tempat yang bersih dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya)" (HR Ahmad dan dishahihkan oleh Ahmad Syakir)

Cara Tepat Meminum Madu
Minum madu sebenarnya bisa kapan saja, untuk kenikmatan bisa dicampur apa saja. Namun, jika anda ingin diniatkan minum madu untuk kesehatan minum madu pun ada aturannya.

Bagi yang sedang sehat, dan menjadikan madu sebagai pencegahan dan meningkatkan daya tahan tubuh, minumlah madu setiap Subuh dengan dilarutkan dengan sedikit air hangat. Serius, ini enak banget kok, rasanya gak kalah dari teh manis. Malah efeknya seger di lidah gituh.

Nah, bagi yang sedang terkena penyakit flu, batuk, pilek, typush, lemas dll. Campurlah madu dengan segelas air hangat atau air kelapa. Kocok hingga berbusa lalu minumlah setiap 2 jam sekali.

Untuk yang sedang pengobatan magh, cara minum madu sebaiknya jangan dicampur air, karena cara ini biasanya membuat penderita merasa mual. Minumlah madu 1-2 sendok setiap 1-2 jam secara langsung. Sehari maksimal 5 sendok.

Madu Asli
Madu yang diminum sebaiknya madu asli. Madu asli atau madu murni, adalah madu yang tanpa campuran apapun. Di toko-toko biasanya madu ada yang sudah dicampur dengan zat-zat tertentu, seperti madu penambah nafsu makan pada anak. Madu jenis ini memang disesuaikan dengan kebutuhan ya. Namun untuk kesehatan sebaiknya madu murni saja.

Membeli madu murni pun, memang agak susah. Karena di zaman sekarang, ada pula penjual madu yang mengoplos madu dengan gula atau air demi meraup keuntungan yang lebih. Buruknya lagi, madu asli dan madu campuran ini sekilas sulit dibedakan.

Anda bisa mengetesnya dengan meneteskan madu kepada selembar kertas, madu asli tidak akan tembus, sedangkan madu bercampur air biasanya tembus. Karena air sipatnya mudah menyerap.

Jangan menyimpan madu di dalam kulkas. Madu asli tidak beku di kulkas itu hanyalah mitos. Karena pada dasarnya madu pun berupa cairan yang pastinya akan beku di suhu rendah. Dan sedihnya lagi, jika madu sudah beku, sangat sulit untuk dicairkan kembali. Sayang kan, madunya jadi terbuang sia-sia.

No comments:

Post a Comment