Goreng Gehu (toge tahu) gurih dan renyah - Fitria Puji Lestari

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, May 19, 2019

Goreng Gehu (toge tahu) gurih dan renyah



Salah satu dari macam-macam gorengan yaitu Gehu. Namanya gehu, karena bahanya terdiri dari toge dan tahu. Kalau anda orang Sunda, dan pernah belajar bahasa Sunda, pasti tau dengan 'kecap wancahan' semacam singkatan gituh, seperti gehu yaitu toge tahu, combro artinya oncom di jero, cireng artinya aci digoreng.

Meski begitu, di jaman inovatif saperti sekarang ini, gehu pun kadang sudah berubah isi, tidak hanya toge, kadang campuran wortel, bawang daun, kubis dan sebagainya pun bisa masuk ke dalam tahu. Jika pecinta pedas, isian tahu pun tak lupa dikasih cabe. Begitu kira-kira jajanan jaman sekarang.

Nah, kalau saya sendiri lebih suka gehu original. Mungkin karena bikinnya gak ribet kali ya, karena tak perlu menumis isian tahu. Tapi untuk soal rasa, yang original pun tak kalah mantap loh. Nikmat disajikan saat ngumpul bareng sambil ditemani teh hangat.

Tapi tetap ingat yah, makan gorengan dan teh manis jangan keseringan. Perlu diperhatikan juga kesehatan kita. Jangan mentang-mentang belum punya kolesterol dan diabetes, lantas kita bebas memasukan semua jenis makanan ke dalam tubuh.

Ok kita langsung saja ya, ke cara pembuatan gehu yang simpel dan tetap enak.

Bahan-bahan
•10 biji tahu matang atau tahu yang berkulit
•250 gr toge
•125 gr tepung terigu
•1 tangkai bawang daun
•secukupnya merica
•secukupnya garam
•secukupnya penyedap rasa

Cara Memasak
1. Seduh toge yang telah dibersihkan dengan air mendidih. Ingat, diseduh ya bukan direbus. Karena pada dasarnya toge merupakan sayuran mudah matang dan layu.
2. Tiriskan toge, lalu taburi penyedap rasa. Aduk-aduk hingga merata. Ini dimaksudkan agar, isi gehu ada rasanya. Tidak gurih di luar tapi hambar di dalam.
3. Belah-belah tahu lalu masukan toge.
4. Haluskan semua bumbu, iris daun bawang, lalu masukan ke dalam tepung terigu. Aduk-aduk dengan air. Jangan terlalu kental tapi juga jangan terlalu encer. Adonan yang kental akan membuat hasil yang keras. Sebaliknya jika terlalu encer, akan membuat hasil yang lembek dan sulit matang saat digoreng. Jadi sebaiknya, masukan air sedikit demi sedikit sambil mengaduk-aduk adonan, agar tingkat kekentalan terkendali. Jangan lupa cek rasa juga.
5. Celupkan tahu yang berisi toge pada adonan, kemudian goreng hingga kuning keemasan.
Yeayyy, gehu anda siap dihidangkan.

No comments:

Post a Comment