Kolak Labu Kuning Kolang-kaling - Fitria Puji Lestari

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, May 7, 2019

Kolak Labu Kuning Kolang-kaling

Alhamdulillah, tidak terasa sudah bulan ramadhan lagi. Suasananya selalu meriah dan damai. Mesjid-mesjid yang ramai dengan tarawih dan tadarusan. Iklan-iklan syrup di tv yang bertebaran. Pasar tumpah di sore hari yang menawarkan aneka menu buka puasa. Hari-hari seperti ini hanya ada di satu bulan yang bernama bulan Ramadhan.

Kali ini, penulis ingin berbagi tentang salah satu menu khas untuk takjil di bulan Ramadhan. Namanya kolak, rasanya yang manis, memang pas sebagai penghilang dahaga setelah seharian berpuasa.

Membuatnya cukup mudah kok, apalagi sekarang sudah ada santan instan. Jadi tidak perlu repot-repot memeras santan. Cukup iris-iris bahan, langsung cemplung-cemplung deh. Tapi tetap saja, jika ingin mendapat rasa yang mantap, ada resep yang harus diperhatikan juga.

Sini, saya bisikin cara bagaimana membuat kolak dengan rasa manis dan ada gurih-gurihnya gitu. Biar bikin meleleh di mulut, dan nyes di tenggorokan. Hihi bahasanya yah, penulis lagi agak lebay sepertinya. Tapi memang rasanya gitu kok.



Untuk bahan kolak sebenarnya bisa apa saja, bisa pisang, ubi jalar, kolang-kaling, labu kuning atau juga nangka. Yang penting cara memadu padankan bahannya dan cara membuatnya tentunya. Kali ini, saya memadukan labu kuning yang lembut bersama kolang-kaling yang dingin. Yuk kita simak saja cara pembuatannya.

Bahan-bahan
•500 gr labu kuning
•250 gr kolang-kaling
•100 gr gula merah
•1 scht susu kental manis vanila
•1/2 bks santan kara
•800 ml air
Saya skip daun pandan karena tidak suka, jika suka silahkan tambahkan saja

Cara Memasak
1.iris- iris labu kuning sesuai selera. Rebus kolang-kaling hingga mendidih, kemudian buang airnya. Ini dimaksudkan agar kolang-kaling tidak masam.
2. Didihkan air, lalu masukan semua bahan kecuali susu dan santan.
3. Masak hingga labu terasa empuk.
4. Masukan santan dan susu. Cek rasa untuk tingkat rasa manis yang diinginkan. Jika anda suka dingin, setelah dingin kolak bisa dimasukkan ke kulkas. Bisa disantap saat buka puasa untuk takjil.

No comments:

Post a Comment